Pemerintahan Desa



Struktur Pemerintahan
Wilayah Desa Bandungan terdiri dari 4 dusun yaitu : Dusun Sumber Balang, Dusun Masjid, Dusun Duko dan Dusun Ba Asem yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Dusun. Posisi Kepala Dusun menjadi sangat strategis seiring banyaknya limpahan tugas desa yang diberikan kepada Kepala Dusun.Dalam rangka memaksimalkan fungsi pelayanan terhadap masyarakat di Desa Bandungan.
Keberadaan Kepala Desa (Kasun) sebagai bagian dari satuan wilayah pemerintahan Desa Bandungan memiliki fungsi yang sangat berarti terhadap pelayanan kepentingan masyarakat wilayah tersebut, terutama terkait hubungannya dengan pemerintahan pada tingkat atas.Sebagai sebuah desa, sudah tentu struktur kepemimpinan Desa Bandungan tidak bisa lepas dari struktur administratif pemerintahan pada tingkat diatasnya.Hal tersebut dapat dilihat pada struktur susunan organisasi dan tata kerja pemerintahan Desa Bandungan.


Dari struktur diatas dapat dilihat bahwa struktur tertinggi dalam pemerintahan Desa Bandungan diatur oleh Kepala Desa atau dalam bahasa madura bisa disebut klebun. Dalam hal ini Kepala Desa Bandungan dipimpin oleh Abusiri Yadi.  Selanjutnya tugas kepala desa akan dibantu oleh sekertaris desa atau biasa disebut carek.Carek pada Desa Bandungan dipimpin oleh Nurhadi Irawan.  Dalam hal ini carek bertugas untuk mengurus administrasi dan kesekertariatan Desa Bandungan. Sementara, untuk urusan keuangan pada struktur organisasi Desa Bandungan dipegang oleh Kepala Urusan Keuangan yaitu Amir Hamzah. Kepala urusan keuangan mempunyai tugas yang sama dengan bendahara. Yaitu mengatur pemasukan dan pengeluaran di Desa Bandungan.  Kepala urusan biasa disebut dengan kaur.
Selain kepala urusan keuangan, terdapat kepala urusan tata usaha dan umum yang dipimpin oleh Yazad Rofiqi Jamil dan kepala urusan perencanaan yang dipimpin oleh Farid. Kepala urusan perencanaan mempunyai staf kepala urusan perencanaan yaitu Abdul Muis. Staf berfungsi untuk membantu tugas dari kepala seksi.  Tugas dari kepala urusan ini yaitu bertugas untuk mengatur urusan keuangan, tata usaha dan perencanaan yang dibutuhkan masyarakat Desa Bandungan.
Pada susunan pemerintahan Desa Bandungan tedapat pula beberapa kepala seksi yang biasa disebut kasi dimana mempunyai tugas mengatur dan bertanggung jawab atas pemerintahan, kesejahteraan dan pelayanan untuk masyarakat Desa Bandungan
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

X-Steel - Vertical Resize