MEUBEL KAYU UKIR YANG MENJADI POTENSI DESA DI DUSUN BA ASEM


Salah satu potensi di Desa bandugan yang terdapat di dusun Ba Asem, yaitu dikenal dengan produksi meuble yang bergerak dibidang kayu ukir untuk perabot rumah tangga, seperti kursi, meja, ranjang dan lemari. Di dusun Ba Asem terdapat sekitar 4 sampai 5 rumah yang dijadikan tempat produksi kayu ukir. tukang Yang megerjakan ukiran ini semuanya asli warga desa bandungan,
         Menurut salah satu pangrajin kayu ukir yang ada dibandungan ini kehalian mengukir kayu mereka dapat dari turun menurun sehingga sampai sekarang masih bisa di estarikan, kerajinan ayu ukir ini sudah di kenal samai keluar kota, hal ini membuktikan bahwa hasil dari pengrajin kayu ukir di desa bandungan tidak kalah bagus dengan ukiran ditempat tempat yang sudah terkenal.

         
Produki meubel yang ada didesa bandungan ini cukup mengangkat perekonomian masyarakat setempat, karena selain ramai dengan pesanan produksi ini menjadi lapangan pekerjaan terendiri bagi masyarakat bandungan, dan produksi kayu ukir ini mampu meminimalisir jumlah pengangguran yang ada di desa bandungan. salah satu pekerja juga mengaku sangat terbantu sekali dengan adanya usaha yang ada didesnya, karena menurut dia sekarang mencari pekerjaan sngat susah sekaipun itu dikota besar, lebih baik mendongkrak potensi yang ada didesanya sendiri.

            Bapak Bunawi salah satu yang memiliki usaha meubul kayu ukir ini mengaku sangat bersyukur sekali dengan kesadaran masyarakat desa bandungan karena menghargai karya atau produk dalam desanya sendiri, namun bapak dari tiga anak tersebut juga mengau masih terkendala oleh dana untuk mengembangkan usahanya agar lebih besar dan maju lagi, beliau juga berharap ada bantuan dari pemerintah setempat terkait memajukan usahanya tersebut.

 
Bagikan on Google Plus

About KKN-14 2017-UTM

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

X-Steel - Vertical Resize