PENGOLAHAN ALPUKAT UNTUK DIJADIKAN BERBAGAI MACAM KUE




Di desa Bandungan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan mayoritas masyarakat memiliki tumbuhan alpukat didepan halaman rumah ataupun diperkebunan milik mereka. Kebiasaan masyarakat desa Bandungan yang ada saat ini hanya menjual langsung hasil panen mereka kepada tengkulak-tengkulak dengan system pembelian langsung dalam 1 pohon. Namun tidak jarang sebagian warga mengkonsumsi hasil sendiri tanpa dijual. 

Hal itu sesungguhnya masyarakat Bandungan tidak memperoleh keuntungan secara maksimal dari hasil panen mereka karena masyarakat Bandungan hanya bergantung pada harga alpukat yang terkadang bisa mencapai harga tinggi dan harga yang sangat rendah akibat panen yang terlalu banyak. Sesungguhnya alpikat memiliki banyak manfaat akan tetapi masyarakat Bandungan kurang menyadari manfaat lebih dari alpukat itu sendiri dan hanya menjual alpukat begitu saja. 

Untuk itu dari masalah tersebut kami memiliki inovasi untuk membuat beberapa olahan dengan memanfaatkan buah alpukat dan dapat menjadikan olahan tersebut sebagai produksi rumahan masyarakat desa Bandungan yang memiliki nilai jual tinggi. 


Dari inovasi pengolahan alpukat tersebut, diantaranya adalah klepon alpukat, kerupuk alpukat, dan dodol alpukat. Dari ketiga produk tersebut semuanya menggunakan bahan utama alpukat. ketika kami mengundang ibu-ibu desa Bandungan, mereka sangat antusias sekali dalam menghadiri sosialisasi pengolahan alpukt. Mereka berharap semua produk pengolahan alpukat akan terjual laris di pasaran dan merupakan produk baru yang nantinya bisa disukai semua masyarakat.
Bagikan on Google Plus

About KKN-14 2017-UTM

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

X-Steel - Vertical Resize