MASJID QODIM SALAH SATU SEJARAH ASAL MULA TERCIPTA NYA NAMA DARI DUSUN MASJID


            Bandungan merupakan sebuah desa yang cukup lama berdiri, menurut sumber yang diperoleh dari salah satu tokoh agama yang menjadi panutan asyarakat setempat yakni KH Ahmad Zaini Dahlan pengasuh pondok pesantren Darul Ulum salah satu pesantren kultural yang terleta didesa bandungan. beliau mengatakan bahwa desa bandungan berdiri sekitar 400 tahun yang lalu, kawasan bandungan berawal dari tanah kosog yang dberikan oleh raja sumenep kepada pamanya yang bernama buju' asaruddin. bujuk asaruddin ini  merupakan saudara kandung dari ayah raja sumenep yaitu bindarah saud, sedangkan tahta raja sumenep pada waktu itu di pegang oleh raden somala.

            Lahan seluas 75 hektar merupakan tanah pertiksn ysng merupakan pemberian raden somala kepada pamanya yaitu bujuk asyaruddin karena pamanya itu tidak mau tinggal bersama di area kerajaan sumenep, selain diberikan lahan yang luas oleh raden somala, bujuk asaruddin juga dibangunkan sebuah masjid dari satu pohon jati besar yang dinamakan masjid qodim dan dari ranting pohon itu pula bujuk asaruddin dibangunkan sebuah pendopo sebagai bentuk penghormatan raden somala terhadap pamanya itu.

         Dan sejak itu pula daerah tersebut ditetapkan sebagai cabang dari kerajaan sumenep, dari sumber yang didapat raden somala yang merupakan anak dari bindara saud juga memiliki darah keturunan sunan ampel surabaya. (saksikan di video profil desa).

         Namun dengan berjalanya waktu masjid itu semaki tua dan lapuk, dengan kesepakatan masyarakat desa bandungan pada tahun 1995 masjid dengan bangunan kayu dan memiliki sejarah itu di renvasi demi kenyamanan masyaraat dalam beribadah. dan kini masjid qodim yang dulunya dibangun dari satu pohon jati kini sudah tinggal cerita, dan kin sudah berevolusi masjid dengan arsitektur modern, namun meskipun sudah berubah wujud masjid qodim masih mejadi masjid lgendaris yang tidak akan dilupakan sejarahnya oleh masyrakt bandungan.


Edit by : Darori
Bagikan on Google Plus

About KKN-14 2017-UTM

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

X-Steel - Vertical Resize