SEMANGAT KELOMPOK TANI DI DESA BANDUNGAN PADA PENYULUHAN PADI DAN TANAH


Desa Bandungan terletak didataran tinngi dan rata-rata masyarakat Bandungan bermata pencaharian sebagai petani. Seperti yang telah ita ketahui sekarang, banyak padi yang rusak dikarenakan hama ataupun dimakan tikus. Setelah beberapa hari berada di desa Bandungan mahasiswa KKN melakukan silaturrahmi ke rumah warga dengan tujuan agar masayarakat dapat menerima dengan baik kedatangan mahasiswa KKN. Dari hasil kegiatan silaturrahmi ke rumah warga ternyata banyak yang mengeluhkan tentang tumbuhan padi mereka yang rusak.

Penyuluhan Padi di Desa Bendungan didasari oleh keluhan sebagian petani ataupun perwakilan kelompok tani akan tanaman padi yang kerap diserang hama, oleh karena itu ada inisiatif untuk mengadakan sosialisai bagaimana cara budidaya tanaman padi yang bisa meningkatkan hasil panen dan menanggulangi hama yang kerap merusak tanaman padi didesa Bendungan. Pemateri langsung didatangkan langsung dari UTM yang merupakan ahli dalam bidang pertanian yakni: Dr. Achmad Amzeri,SP.MP. dan Ir.Slamet Supriadi,M,Si ( Dosen Fakultas Pertanaian Univrsitas Trunonujoyo Madura).

Kegiatan penyuluhan padi dilakukan melalui dua sesi oleh dua ahli yang didatangkan langsung dari UTM yang diikuti oleh sekitar 40 masyrakat desa Bandungan yang terdiri dari para perwakilan kelompok tani, ibu-ibu, dan masyrakat biasa yang juga menannam padi. Sesi pertama adalah menerangkan bagaimana sistem budidaya tanaman padi yang benar dan bagaimana menciptakan produk organik pengusir hama kedua pemateri yang merupakan ahli dalam bidang budidaya cara menanam padi yang benar guna mendapatkan panen yang bisa lebih banyak dari yang biasa dilakukan masyarakat dan dijelaskan juga bahan-bahan tradisional yang bisa dijadikan produk organik guna mengusir hama. 

Pada sesi kedua merupakan sesi tanya jawab sekaligus diskusi masalah khusus mengenai gejala penyakit tanaman padi yang menyerang hanya beberapa petak sawah petani, dalam sesi ini berlansung sangat menarik dikarenakan antusiasme para petani yang sangat luar biasa mereka menayakan mengenai banyak masalah tentantang tanaman padi mereka, mulai dari pupuk yang digunakan, hama-hama yang mengganggu, keluhan khusus mengenai tanaman padi yang kerdil dan jenis bibit apa yang tepat untuk kondisi tanah di desa Bandungan

Edit by : Basit - Ekonomi Syariah
               Kamiliatus Syarifah - Sastra Inggris
Bagikan on Google Plus

About KKN-14 2017-UTM

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

X-Steel - Vertical Resize