RELIGIUSME MASYARAKAT BANDUNGAN YANG SANGAT KUAT TERTUANG DALAM KEGIATAN MUSLIMATAN


Berbicara desa, pasti juga tidak akan lepas dengan adat istiadat. Dalam sebuah desa pasti mempunyai adat istiadat yang berbeda. Sebagian desa masih memegang erat adat yang turun temurun dari nenek moyang. di desa Badungan salah satu adat yang masih dilaksanakan saat ini adalah muslimatan. muslimatan adalah sebuah acara yang bersifat religi dan kerohaniaan yang dihadiri oleh ibu-ibu ataupun remaja putri desa Bandungan.

 

Dalam acara muslimatan desa Bandungan, diadakan seminggu sekali setiap hari jum'at jam 14.00 WIB seacara bergantian di rumah ibu-ibu yang mengikuti muslimatan. Acara tersebut dimulai dengan acara pembacaan sholawat yang telah disunting oleh warga Bandungan, pembacaan sholawat tersebut diikuti dengan lirik bahasa madura dan isinya tentang nasehat-nasehat agama dan dibacakan oleh satu ibu muslimatan sampai semua ibu-ibu datang lengkap dan berkumpul di rumah tuan rumah . 
Setelah semua anggota berkumpul, acara dimulai dengan tahlil bersama setelah itu do'a. Setelah Do'a selesai maka dilanjutkan dengan ceramah agama. Setelah ditutup anggota diberi konsumsi berupa nasi untuk dimakan bersama di tempat daan kue ringan untuk buah tangan.

Dan Alhamdulillah mahasiswa putri KKN setelah hari ke 3 di desa Bandungan mendapat undangan langsung dari ibu-ibu disana untuk meghadiri langsung acara muslimatan tersebut. Semua ibu-ibu menyambut hangat kedatangan kami. Bahkan kita langsung diminta untuk membantu tuan rumah menyiapakan hidangan untuk ibu-ibu muslimatan yang lain. 
Menurut kami adat tersebut sanagat pantas untuk dipertahakankan sampai saat ini selain karena bersifat religi, muslimatan juga dapat mempererat hubungan silaturrahmi.


Edit by : Kamiliatus Syarifah - Sastra Inggris







Bagikan on Google Plus

About KKN-14 2017-UTM

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

X-Steel - Vertical Resize