MENINGKATKAN KESADARAN PETANI DALAM PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK



Di desa Bandungan rata-rata masyarakatnya bekerja sebagai petani. Seperti yang telah kita ketahui untuk mendapatkan hasil padi yang banyak, masyarakat desa Bandungan menggunakan pupuk kimia. telah kita ketahui jika kita menggunakan pupuk anorganik untuk jangka lama akan berdampak negatif terhadap tanah.Dimana nantinya tanah akan menjadi tidak subur dan akan berdampak negatif juga terhadap tanaman. Untuk menyadarkan masyarakat akan bahayanya penggunaan pupuk anorganik, mahasiswa KKN mempunyai inisiatif untuk mengadakan penyuluhun tentang cara pembuatan pupuk organik. Ide itu muncul karena di desa Bandungan banyak masyarakat yang mempunyai sapi dan hanya dibiarkan begitu saja. 

Pupuk organik adalah pupuk yang tersusun dari materi mahluk hidup seperti pelapukan sisa sisa tanaman, hewan dan manusia. Pupuk organic dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Pupuk organic banyak mengandung bahan organic daripada kadar haranya. Sumber bahan organic dapat berupa kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, sisa panen (jerami, brangkasan, tongkol jagung, bagas tebu dan sabut kelapa), limbah ternak, limbah industry yang menggunakan bahan pertanian dan limbah kota (sampah).



Melihat dari informasi yang kami dapat selama survey di desa bandungan yang kurang memanfaatkan limbah ternak maupun limbah rumahtanggaa yang sejatinya bias digunakan dan dijadikan sesuatu yang lebih bermanfaat kami memiliki inovasi untuk membuat pupuk organic dari kotoran sapi dan cucian air beras. 


Manfaat yang diperoleh dari penyuluhan pupuk organic ini yaitu masyarakat desa bandungan mengetahui manfaat dari limbah kotoran sapid an cucian air beras dapat digunakan sebagai pupuk organic alami serta memahami cara pembuatan pupuk organic tersebut untuk mencgurangi penggunaan pupuk kimia yang akan berakibat fatal jika digunakan terus menerus.


Edit by : Kamiliatus Syarifah - Sastra Inggris


 

Bagikan on Google Plus

About KKN-14 2017-UTM

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

X-Steel - Vertical Resize