MELATIH KREATIFITAS SISWA SDN 2 BANDUNGAN

Mendaur Ulang Bahan Bekas dan Menyulap Menjadi Sebuah Tirai Cantik






Di desa Bandungan terdapat banyak lembaga pendidikan, baik lembaga negeri maupun swasta, salah satu lembaga pendidikan yang terdapat di di desa Bandungan yaitu SDN 2 Bandungan, disana terlihat banyak wajah ceria sebagai penerus bangsa. letak geografis yang lumayan jauh dari perkotaan menjadi salah satu faktor yang membuat skill siswa kurang terlatih. pelajaran akademik saja tidak cukup untuk melatih sikll siswa dalam memperluas pengetahuan.
Ketika survey pertama kali ke sekolah SDN 2 Bandungan, terdapat banyak sampah disekitar  sekolah yang menumpuk salah satunya gelas minuman ale-ale, teh rio, teh gelas, dll. ketika melihat keaadaan itulah saya dan teman - teman KKN 14 merasa prihatin karena banyaknya sampaah yang menumpuk dan bisa jadi mencemari lingkungan.



Berawal dari kondisi inilah teman - teman mahasiswa KKN UTM 2017 kelompok 14 memberikan program pendidikan dan dikemas dalam bentuk "ekstrakuriuler". Dalam program kerja yang berentuk ekstrakuliler ini teman - teman mempunyai inovatif untuk mendaur ulang sampah yang tidak digunakan dan dbuang begitu saja, salah satu inovasinya adalah dengan membuat sebuah tirai dari sampah yaitu dari gelas ale-ale atau teh rio. Salah satu manfaat dari daur ulang sampah gelas ale-ale atau teh rio yang disulap menjadi sebuah tirai adalah utuk mempercantik jendala kelas ataupun bisa dijadikan tirai di depa pintu kamar.
Dengan demikian, setidaknya kita bisa mengurangi sampah yang ada disekitar. Banyak sekali siswa yang sangat berantusias untuk mengukuti kegiatan ini, dengan materi yang diberikan ialah pembuatan tirai dari bahan bekas atau sampah, yang salah stunya memanfaatkan gelas teh rio dan ale-ale yang dipotong dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah tirai cantik, yang bisa dipasang di jendela dan pintu sebagai hiasan. Pesan tersirat yang disampaikan dalam kegiatan tersebut adalah, selamanya kita akan hidup berdampingan dengan alam, oleh sebab itu sebisa mungkin kita akan menjaga agar alam tetap sehat dengan cara mengurangi dan memanfaatkan limbah disekitar kita untuk dijadikan sesuatu yang bermanfaat.

Edit by : Kamiliatus Syarifah - Sastra Inggris - 1305111006
Ig : mely_kamilia
Bagikan on Google Plus

About KKN-14 2017-UTM

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

X-Steel - Vertical Resize